First Journey to Lampung

Wuhuu fellaassss..
Disini gue mo curcol tentang perjalanan abstrak gue beberapa hari yang lalu ke Lampung. Penasaran? Let's cekidot bray..

Saat itu, Minggu 21 Juli 2013, gue yang sedang berada di Bandung tiba-tiba berpikir untuk melanglang buana menuju tanah rantau. Anyone knows? Yap, tanah Sumatra tepatnya. Entah bagaimana ceritanya, tiba-tiba aja pikiran gue yang random menelurkan ide tersebut. Sebagai langkah selanjutnya, gue hubunginlah temen-temen gue. Ternyata yang bisa cuma 1 orang. Sebutlah dia dengan si R.

Setelah fix dia mo ikut, mulailah gue mencari rute perjalanan yang paling asik. Selidik punya selidik, ada tuh kereta yang ke Merak cuma goceng (5Idk). Gue jelas langsung ngiler lah. Googling sana-sini, dapet banyak info, jadilah iten gue buat besok. Gue kasih tau ke si R. Dia oke-oke aja ama jadwal dari gue. Fine. Perundingan buat acara besok resmi ditutup.

Senin, 22 Juli 2013 gue udah bangun subuh-subuh *yaiyalah, abis sahur gitu*. Gue ama temen gue janjian ketemu di stasiun tanah abang jam /8 kurang, coz kereta ke merak yg goceng itu berangkatnya jam /8 kalo di jadwal. Gue berangkat dari rumah jam 6 pagi dengan perhitungan gue bakal ambil kamera dulu di temen gue. Jadi gue bakalan mampir ke UI dulu. Nah yang bikin lama adalah, temen gue itu lamaaaa bangeeettt. Ampe berapa kereta lewat mondar-mandir, doski beloman dateng juga. Jam /7 lewat doski akhirnya dateng dan ngasih kamera ke gue sedangkan gue langsung lari ke stasiun coz kebetulan itu kereta jurusan Tanah Abang-Jatinegara uda mau berangkat.

Perjalanan UI-Tenabang berlangsung sekitar 1 jam. Gue nyampe Tenabang sekitar jam /8an. Keluar dari kereta, gue naik ke atas, ke tempat ruang tunggu. Gue nunggu temen gue yang kagak jelas juntrungannya ini a.k.a kagak dateng-dateng. Jam 8 lewat doski baru dateng. Kereta uda jalan doong kalo gitu. Oke fine, daripada kita rugi, kita tetep lanjut pesen tiket kereta ke Merak. Kita naik kereta Kalimaya yang harga tiketnya 30Idk sekali jalan.

Sekitar jam 9 atau /10an, kereta Kalimaya datang. Kita langsung naik ke kereta dan mencari nomer bangku tempat duduknya. Kereta Kalimaya ini modelnya kayak kereta-kereta jarak jauh dengan 2 bangku berhadapan dan meja kecil di tengahnya. Di bawah meja terdapat stop kontak yang bisa dipake buat ngecharge hape. Sepanjang perjalanan, kita menikmati pemandangan sekalian curcol-curcol gajelas gitu. Suasana di kereta sangat amat hening. Bahkan gue ama si R duduk sampe tidur-tiduran gajelas gitu di kereta.

Jam 2 siang, kereta sampe di stasiun Merak. Kita langsung ambil jalan keluar yang ke arah pelabuhan. Di pelabuhan kita beli tiket kapal dan berjalan ke arah dermaga. Dari dermaga, kita langsung naik ke kapal yang emang dikit lagi udah mau jalan. Kita masih sempat melihat bagaimana mobil dan motor berjalan memasuki kapal. Di dermaga, banyak "anak laut" yang menawarkan aksi "lompat ambil koin" dari atas kapal.

Well, buat yang gatau apa itu aksi "lompat ambil koin", gue bakal jelasin di paragraf ini. Jadi aksi "lompat ambil koin" ini semacam kek anak-anak ngamen gitu. Cuma bedanya, mereka meminta agar koin tersebut di lemparkan ke laut, agar mereka bisa terjun ke laut dan mengambil koin yang sebelumnya di lempar. Awalnya gue biasa aja karena toh, emang wajar ada aksi ngamen kek gitu. It's a general condition in a seaport. Tapi yang bikin gue gondok tingkat dewa adalah, para pemberi uang receh tersebut. Bukannya mereka ngasih pas kapal masih stay di dermaga, eh ini malah ngasih pas kapal uda mulai bergerak. Dan anak-anak yang "obsessed" sama uang ini juga sama nekatnya. Mereka tetep milih untuk terjun tanpa mikirin bahayanya. Gue mikir, kalo mereka kena baling-baling kapal gimana kali? Apa gak bunuh diri itu namanya? Ckck -_-

Lanjut ke cerita, perjalanan naik kapal Merak-Bakauheni itu sekitar 2 jam. Sekitar jam 4 sore, kita sampe di pelabuhan bakauheni. Keluar area pelabuhan, sudah banyak calo, tukang ojek bahkan sampai sopir-sopir bis lainnya yang bergerombol menawarkan jasa. Kita jalan cuek bebek aja ngelewatin mereka. Abis keluar dari area pelabuhan, kita masuk lagi buat beli tiket pulang. Dapet tiket pulang, ternyata si R mau belanja oleh-oleh dulu. Okelah fine, gue tungguin. Kelar belanja oleh-oleh, kita langsung naik kapal *ternyata kapal yang tadi* yang udah mau berangkat.

Sampai di kapal, kita langsung nyari tempat ter-PEWE buat kelesotan. Ketemu tempat, kita langsung duduk manis, sekalian nungguin waktu maghrib. Di kapal, karena bosen, kita jalan-jalan di dek bawah. Sekalian foto-foto narsis ababil gitu *anak alay*. Di dek bawah, kita sempet foto-foto sekaligus kenalan sama 2 orang bapak-bapak. Ternyata bapak-bapak ini yang biasa membawa logistik dari Jakarta ke Lampung dan sebaliknya. Sambil ngobrol-ngobrol, kita foto-foto narsis sekaligus tukeran informasi. Eiya, si bapak-bapak ini juga sempet nawatin kita buat bareng sampe sudirman yang fix kita tolak *yakeles juga gitu diterima*.

Gak lama, maghrib pun tiba. Kita buka puasa diatas kapal. Kelar buka puasa, kita sholat. Sekitar jam /7, kita ngerasa kalo kapal berhenti. Pas di kroscek, ternyata emang bener kapalnya behenti. Whoaa, langsung bingung kita. Ternyata apa yang dibilang sama bapak-bapak tadi beneran terjadi *sedikit flashback, jadi bapak-bapak itu bilang kalo kapal ke Merak jam-jam segini biasanya suka berhenti dulu di laut karena ngantri dan gajelas berapa lama berhentinya*. Omaigat. Kita pun langsung bingung, stress dan deg-degan.

Akhirnya kita berusaha memperkirakan jam berapa kapal bakalan sampe ke pelabuhan dan juga ngecek jadwal kereta. Kita memperkirakan kapal bakal merapat di pelabuhan sekitar jam 8. Abis di cek en ricek, ternyata gada jadwal kereta buat jam segitu. Kita akhirnya memutuskan naik bis untuk menuju ke Jakarta.

Setelah menunggu beberapa lama dengan tegangnya, kapal pun kembali berjalan. Gue lupa itu jam berapa, tapi yang jelas sekitar jam /8 kita udah merapat di pelabuhan. Sampe pelabuhan, kita langsung lari-lari gajelas menuju terminal bis. Jujur, disini gue takut banget kalo sampe ketinggalan bis, coz gue tau kalo balik jam segini, pasti sampe Kp.Rambutan sekitar jam 12 malem *pengalaman*. Sampe terminal bis, pas banget ada bis *gue lupa primajasa ato arimbi* yang mau jalan keluar pelabuhan. Kita langsung lari dan naik ke dalam bis.

Di bis, kita duduk di kursi yang paling depan. Setelah beberapa saat yang menenangkan, mulailah gue membuka percakapan mengerikan *mengenaskan sih lebih tepatnya ke si R*. Gue bilang ke dia kalo ini bis pasti sampe Kp.Rambutan jam 12 dan itu udah pasti gada angkot. Akhirnya kita berdua menghubungi teman masing-masing yang bisa dimintai tolong. Berhubung temen cowok gue sedikit dan mereka pun termasuk anak baik-baik *maklum, FIB bray. cowoknya baik-baik semua*, jadi gada yang bisa bantu gue *ngeselin banget* -_- sedangkan temen gue, karena doski anak FISIKA, temen cowok'a banyak dan untungnya ada yang bisa nolongin. Jadilah kita ditolong sama temennya temen gue ini. Udah fix dapet pertolongan, kita berusaha istirahat di dalam bis.

Sekitar jam 12 lewat, bis sampe juga di terminal Kp.Rambutan. Sesuai dengan perkiraan gue, baik angkot 19 ataupun bis 509 atau 510 udah gak beroperasi. Turun dari bis, kita langsung ketemu sama temennya temen gue. Sebut saja dia V. Setelah minta maaf karena ngerepotin, akhirnya diantarlah kita ke tempat tujuan masing-masing. Gue ke rumah gue dan si R ke kosannya dia. Gue sampe rumah sekitar jam /1 malem *untung gak diomelin* dan berkahirlah perjalanan pertama gue menginjak tanah Sumatra, haha *nyampah banget emang itu perjalanan*

Sekian cerita perjalanan pertama gue menuju pulau Andalas :)