At Cafe 6, Another Taiwanese Baper Film

Ola alohaaa..

Kali ini gue mau cerita aka review dikit film Taiwan yang baru aja gue tonton secara random. Judulnya? Apalagi kalo bukan At Cafe 6. Oke well, sebenernya gue nemu ini film gak sengaja sik di salah satu situs nonton film online. Pas lagi searching film-film romcom gitu *yang baca postingan gue SEBELUMNYA tetang kebaperan gue pasti tau kenapa gue lagi baper sama romcom, wkwkwk*, secara randomly gue tertarik buat nonton ini film. Gapake liat-liat lagi, gue pilihlah ini film akhirnya buat ditonton, hohoho..

Soo, jadi gini ceritanya...

Source: IMDB

Film ini dimulai dari seoarang pria yang nemuin seorang seorang wanita (Miss Liang) lagi ujan-ujanan disamping mobilnya di deket kafe milik si pria. Nah kemudian si pria ini ngajak Miss Liang masuk ke cafenya dan nyediain cappuccino gitu. Terus si pria ini liat hape si Miss ini bunyi tapi gak diangkat-angkat. Nah pas ditanya, ternyata doi ini lagi ada masalah sama pacarnya dan mereka LDR. Dari situlah cerita dari film ini dimulai..

Film ini sederhana banget menurut gue, in a good way. Ceritanya sederhana, tentang persahabatan jaman SMA, percintaan seru bin kocak ala anak remaja, kepercayaan, bagaimana mereka para pemeran film ini menyelesaikan berbagai masalah dan tantangan dalam hidup mereka dan keseruan keseruan lainnya..

Intinya, cerita dari film ini flashback ke jaman pemilik cafe masih remaja. Film ini bercerita tentang 4 orang sahabat, Guan Mi Lu dan Xiao Bao Zhi saat mereka kelas 12. Mereka bedua ini termasuk anak yang gak pinter-pinter amat di kelas dan nakal. Nah pas mereka lagi kumpul sama genk bandel mereka, mereka ngambil celana salah satu anak perempuan, Cai Xin Yi buat dipake maenan hal konyol. Apesnya kelakuan mereka ketauan sama pihak sekolah dan mereka dipanggil bareng. Nah si Xin Yi ini diselametin sama sahabatnya, yaitu Xin Rui, salah satu cewek paling pinter di kelas.

Nah si Mi Lu ini ternyata udah lama diam-diam suka sama Xin Rui sedangkan Bai Zhi suka sama Xin Yi. Nah sejak saat itu mereka jadi deket tuh. Lu dan Rui jadi tembah dekat gegara kelakuan bahlul Zhi yang seriously pea nya kebangetan. Tapi emang si Zhi ini baek banget sik, salah satu mak comblang Lu dan Rui. Nah si Zhi ini sendiri juga selalu usil bin caper buat narik perhatiannya Yi, ehhmm.. Pokonya banyak banget deh kelakuan-kelakuan bahlul yang memorable ala anak-anak remaja gitu, bikin gue sendiri jadi baper kangen ama sahabat-sahabat pesantren gue, huhu.. (gausah diceritain disinilah yaakk apa aja kelakuan mereka, you have to watch it yourself)

Seiring berjalannya waktu, karena akhirnya Lu gagal diterima di kampus yang sama kayak kampusnya Rui, mereka akhirnya LDRan, soalnya Rui di terima di kampus favorit di kota lain. Si Zhi yakin bahwa selama mereka LDR ini, mereka gak akan bertahan lebih dari 6 bulan. Lu sewot atas statement nya Zhi dan meyakinkan bahwa mereka (Lu dan Rui) akan mampu bersama selamanya. Untuk mengakomodir kebutuhan LDRnya yang butuh banyak biaya, Lu memutuskan untuk bekerja part-time, bahkan terkadang hingga larut malam demi penghasilan yang lebih banyak.

Awal dari hubungan LDR mereka ini masih so sweet romantis gitu, karena mereka masih saling pengertian gitu kan. Masih saling memahami gitulah. Nah seiring berjalannya waktu, banyak kejadian yang bikin hubungan mereka makin terasa 'berjarak'. Rui sulit untuk bisa LDR karena ia butuh seseorang di sisinya dan Lu yang notabene tinggal di kota lain dan harus naik kereta selama berjam-jam ke kota Lu, susah untuk mengakomodir hal tersebut. Bukan berarti gak berusaha, tapi gimana yaa, jarak memang terkadang mampu memisahkan dan menjadi pemisah dikala kepercayaan serta saling pengertian yang ada kurang memadai.

Contoh kasus di film ini saat Rui di ganggu sama orang jahat, semacam scam gitu keknya. Dia nangis sambil nelpon Lu. Lu yang shock langsung memacu motornya ke stasiun dan ternyata tiket kereta ke kotanya Rui udah habis, adanya besok pagi. Rui baru sampai pagi kesana dan menemukan Lu udah baik-baik aja di asramanya. Nah pas Lu ngajak Rui ngelapor ke kantor polisi, Rui bilang kalo dia udah ngelapor. Terus Lu jadi bingung sendiri, apa fungsinya dia disana. Dia nanya Rui dan Rui pun juga bingung apa fungsi Lu ada disini (di sisi dia) saat ini. Disitulah Lu sadar bahwa Rui adalah gadis mandiri yang bisa melakukan apapun sendiri dan kayaknya awal banget hubungan mereka mulai akan retak disini  (seinget gue).

Nah balik ke review, seiring dengan semakin sering bertengkarnya Lu dan Rui, kemudian Rui yang jalan sama senior sulapnya (emang ini senior kampret banget) pas ulang tahunnya Rui sendiri (fix sik disini gue kesel parah sama baper abis, soalnya Lu sama Zhi ampe bela-belain ditengah ujan badai dateng ke kotanya Rui di saat kendaraan lain gada yang jalan karena takut sama badai, ehh mereka malah nemuin Rui jalan sama seniornya) dan setelah berbagai konflik serta pertengkaran terjadi diantara mereka, mereka berdua akhirnya putus (kayaknya sik gitu putus, tapi intinya hubungan mereka gak berlanjut) ditandai dengan sms Rui ke Lu "Tapi kamu engga disini" (kira-kira gitu terjemahannya). Oke, bukan mereka yang memutuskan sik, tapi Rui yang memutuskan alias keputusan sepihak gitu #ngeselinparah

Pasca putus, Lu yang galau dan baper parah sampe ancur gitu kehidupannya. Zhi yang selalu setia nemenin Lu sebagai sahabat gapernah bosen-bosen buat nemenin, ngedukung, ngesupport Lu dengan caranya sendiri. Terharu banget sik gue sama si Zhi ini, bener-bener bestfriend ever forever. Bener-bener sahabat sejati pokoknya mah. Sampe akhirnya si Lu ini dapet telpon dari nyokapnya, bilang kalo ada masalah keluarga dan gabisa nyampein lewat telpon, jadi pas libur si Lu ini disuruh balik ke rumah. Nah karena Lu gak balik-balik (gue juga kurang tau sik, tapi intinya dia gabalik ke rumah), dia dapet kabar kalo ibunya meninggal. Dia ngerasa down parah saat itu, terutama karena belom sempet ngobrol sama ibunya buat terakhir kalinya. Ibunya satu-satunya keluarga yang ia punya, karena bokapnya gapernah ada di sisi dia, cuma ibunya. Disini gue gatau sik apa bokapnya uda meninggal atau cerai ninggalin ibunya, intinya ibunya itu single parent yang kerja sebagai suster. Nah udalah dia baru diputusin sepihak sama Rui terus ibunya meninggal, klop lah penderitaan dia. Disini Zhi kembali berusaha menghibur serta menenangkan Lu. Dia bilang gini kalo gasalah "Cewek masih banyak di dunia ini, bukan cuma Rui. Udalah lupain aja Rui, move on", gitulah kira-kira kalo gasalah intinya.

Nah sekitar 3 minggu kemudian, pas lagi ada acara kumpul bareng, Lu gadateng. Rui yang denger Lu gadateng biar gimana juga jadi khawatir. Akhirnya Rui dapet sms terus dia keluar. Ternyata ada Lu disitu. Mereka berdua jalan ke pantai dan nyalain kembang api. Disini nih terjadi percakapan yang menyedihkan dan bikin baper parah. You have, again, to watch it yourself karena gue gamau ngebocorin disini. Intinya abis itu, perjalanan waktu berubah jadi kembali ke 'masa kini', ke dalam cafe si pria.

Setelah si pria selesai bercerita, terus si wanita pamit pulang dan berterima kasih atas cerita sekaligus nasihat si pria. Si pria itupun balik ke rumahnya. Disana dia menemukan istrinya sudah tidur pulas. Dia kemudian mengambil salah satu kotak berharga tempat dia dan sahabat-sahabat SMA nya mainan dulu, kotak yang mempertemukan serta merekatkan hubungan mereka berempat. Di dalam kotak itu ada sebuah surat yang ditujukan untuk si pria. Kemudian setelah itu, si pria mengendarai mobilnya ke pantai. Di sana, ia mengenang kebersamaan persahabatan mereka. Kilas balik ingatan tentang persahabatan hadir dan bikin si pria nangis. Si pria juga melakukan joget khas mereka berdua. And at the end, ada semacam bayangan Lu yang ngasih semacam kode good bye gitu. Terus ENDING deh, wkwkwk.

Bingung sama ceritanya? Feel random? Emang, hahahha. Twist banget gitu endingnya, something yang sama sekali gak gue sangka sebenernya. Tapi emang sejujurnya, gue termehek parah pas abis tau inti dari endingnya apa, hohoho. Sedih banget sik emang, Disini digambarin bahwa Lu ini tipe-tipe cowok yang setia. Dia rela belajar lebih baik lagi biar nilainya meningkat terus bisa masuk kampus yang sama sama di Rui, meskipun akhirnya keterima di suatu kampus, tapi mereka akhirnya LDR. Terus belom lagi Lu yang selalu kerja keras demi bisa nyenengin Rui, ketemu Rui di waktu-waktu tertentu dan beliin something buat Rui. Pokoknya disini bisa diliat deh gimana cintanya Rui sama Lu. Gimana besarnya cinta Lu ke Rui yang menurut gue awesome banget. Gimana pengorbanan Lu demi nyenengin Rui, biar Rui ini bisa selalu senyum dan happy. Baper paraaaahhh. Sometime gue berharap kalo gue juga bisa nemu cowok yang mau memperjuangkan gue sampe segitunya macem Lu ke Rui ini, hikz.. *Rui, please kalo gamau sama Lu, Lu nya buat gue ajaaahhh T.T*

LDR jadi topik utama menurut gue di cerita film ini. How they solve their relationship problem during the limit of their communication and the way they meet up each other. Inget yak, ini ceritanya di ambil sekitar tahun 90an dimana ponsel masih jarang saat itu dan segalanya mungkin belum semudah sekarang yang menurut gue dunia aja makin borderless. Gue sebenernya rada bete sik sama Rui yang menurut gue kurang menghargai usaha Lu agar hubungan mereka baik-baik aja. Kalo menurut gue, Rui ini tipe-tipe cewek yang gabisa buat diajak LDR karena menurut dia we have to stay close each other in a relationship, in case of place, bukan yang jauh-jauhan macem LDR yang lo jadi jarang ketemu karena jarak. Sedih sik gue ketika dia akhirnya secara ga sengaja malah dekat sama seniornya yang jago sulap karena awalnya jadi asisten si senior sampe akhirnya mereka jalan bareng gitu. Tapi apalah daya, meskipun kesel, gue paham bahwa tipe cewek kayak gini emang ada, soalnya temen gue salah satu contohnya, wkwk. Dia bener-bener gabisa LDR dan akhirnya bermasalah sama cowoknya *dan gue malah gozzip, zzzz -______-*.

Nah terus apalagi yak? Tentang persahabatan, itu mah gausah ditanya lagi. Salah satu tema utama di film ini selain LDR percintaan adalah persahabatan. Silahkan diliat sendiri bagaimana persahabatan antara Lu dan Zhi disajikan di film ini. Kenangan masa SMA? Sama kayak persahabatan, silahkan ditonton sendiri. Disini juga diceritain tentang kasih sayang orang tua, lewat orang tua Lu yang single parent, bagaimana cara dia mendidik serta menunjukkan kasih sayangnya ke Lu. Pokoknya banyak lagi deh hal-hal yang bisa diambil pelajarannya dari film ini..

Dialog-dialog di film ini mayan cerdas menurut gue, se-yang gue interpretasiin, soalnya kan aslinya pake bahasa mandarin and I'm totally blank at it T.T. Ada satu yang gue notice bahwa setiap akan terjadi perpindahan cerita, itu kek ada semacam quotes gitu yang menurut gue berhubungan sama cerita selanjutnya.

Nah untuk endingnya yang twist paraaaaahhh dan gue langsung mewek, gue kasih dikit bocoran. Jadi ternyata, si pemilik cafe yang gue kira adalah Lu, ternyata itu salah besar. Pemilik cafe itu adalah Zhi. Sebagai usaha terakhir mengenang persahabatan mereka, sekaligus sebagai permintaan terakhir Lu, Zhi mendirikan cafe dan punya resep cappuccino yang gak terlalu manis. Gue pun awalnya sedikit bingung sama endingnya, kok ngambang gituu. Ternyata setelah dicermati, ohh gitu toohh endingnya. Bikin nyesek parah gilaaaakkk. Gue pun nangis termehek-mehek baper parah. Itu mungkin kalau di dunia nyata, si Rui nya bakal shock kali yak, hohoho. Gegara tau endingnya kek gini, gue yang di setengah film udah bete ama Rui malah jadi tambah benci. Jahat banget sumpah Ruinya, hikz hikz..

Uda sik gitu aja cerita dari guenya. Fyi, ini film Taiwan kedua yang gue tonton setelah You're the Apple of My Eyes yang juga bikin nyesek itu. Ada beberapa kesamaan? Yes, absolutely. Tapi totally film ini beda. Kalo ditanya medning mana, gue galau bin baper, wkwkwk. Abis dua-duanya bagus kece paraahh, hikzhikz. Tapi yang jelas, ini film worth banget untuk ditonton karena pesan moralnya mengenai persahabatan, percintaan, usaha dan kerja keras untuk membahagiakan oarang yang kita cinta, perselingkuhan (maybe), serta hal-hal mengenai LDR worth untuk kita ambil.

So, tunggu apalagi? Silahkan di tonton filmnya dan silahkan berbaper ria :)

Psstt, jangan lupa siapin a doze of tissue to dry your tears, wakakaka :P

You Might Also Like

27 komentar

  1. Anonymous20:39

    Kak brrti gimana sih nasib si min lu...mati apa gimana?

    ReplyDelete
  2. Hi Anon :)

    Nasib Min Lu? Iyaa, dia tewas bunuh diri di laut :(. Entah bunuh diri entah emang keseret ombak karena gak sadar uda jalan ke tengah laut, intinya si Lu ini meninggal di laut yang abis ketemuan terakhir putus sama Rui, hikzhikz :'(

    ReplyDelete
  3. Itu istrinya si zhi, si rui bukan kayak mirip ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Juliana..
      Itu istrinya si Zhi sahabatnya si Rui, si Xin Yi. Rui, hingga akhir film ini, diceritakan masih sendiri aja, entah masih jomblo, udah punya pasangan atau entahlah, hehe..

      Delete
  4. Jadi si Lu gimana?? , trus diending film kok ada cwek mangggil Lu kecil??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aku tangkep sik si Lu nya meninggal di laut. Cewek manggil Lu kecil itu kenangan Lu sama ibunya, sepertinya (aduh aku juga udah lupa, udah lama banget gak nonton ini film, hahaha #maafkeun)

      Delete
    2. maksudnya lu kecil setau saya itu gara2 dulu waktu lu kencan tengah malem si rui tertarik sama salah satu kucing di toko lalu si lu tanya "kalo kucingnya jadi milikmu kamu kasih nama apa?" jawabnya "lu kecil"

      Delete
    3. itu kucingnya yg di beri nama "Lu Kecil"

      Delete
  5. Saya binggung hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Fitriannisa..
      Kamu bingung kenapa? Heheheheh

      Delete
  6. Addoohh, gue baru nonton ni film. Baru selesai jam ini juga. Tapi gue masih nggak paham sama ending ni film 🤣 makanya ni cari2 artikel yang mau jelaskan ke gue ending nya itu gimana 🤣.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, waahh nanti aku spoiler gak nih? Hahahahahha. Jadi intinya si Lu itu meninggal ajaa, huhuhu. Syediihhhh..

      Delete
  7. Kasihan Banget dah, udah berjuang mati"An untuk mempertahankan hubungannya tapi pada akhirnya kandas juga :'(
    oh iya aku kira si cwenya di perkosa ama si seniornya yg pesulap itu, makanya dia mutusin si lakinya soalnya dia merasa gk pantes lagi untuk bersama krn telah ternodai, ingat waktu Rui Jalan Di Gang Malam" Ada Yang Ngikutin, Gw Kirain Yang Ngikutin Itu Si Seniornya Yang Pesulap Itu (cuman liat komentar orang luar )
    Sahabat Seperti Zhi Itu LANGKAH Kali, Terharu gw ( kepengen punye sahabat seperti Zhi )
    Nyesek Kali EndingNya, Ngegangtung Banget Dah, Gw Mutar sampe 3x agar bisa ngerti endingnya dan ternyata nyesek kali si Lu Bunuh diri krn orang ibunya meninggal dan di putusin sama di Rui :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo..

      Iyaa makanyaa, ini emang sebagus itusik filmnya, mirip You are the Apple of My Eye sedihnya, tapi ini lebih complicated gitu, huhuhu..

      Anyway samaa, pengen juga punya sahabat yang kayak Zhi. Baper akutu baper, hahahha. Engga, dia mutusin karena LDR, soalnya si Rui ini emang gabisa LDR gitu keknya orangnya, hohoho

      Delete
  8. Baper banget nonton film ini,kutipannya lebih baper ternyata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKWKWKWK, iyakaaann.. Ini setara sama Your Are The Apple Of My Eye sik, heuheu.. Sama-sama sukaakkk..

      Delete
  9. Aku kira yg di pantai joget" itu si lu :(( ternyata lu nya udh meninggal :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Zulfa. Iyaaa Lu nya meninggal. Itu yang joget terakhir di pantai si Zhi, syedii juga samaa :(

      Delete
  10. Pas lu meninggal kok gak di ceritakan ya? Apa saya yg gak tau.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Pas Lu meninggal emang secara implisit diceritakannya, jadi dia gak eksplisit cerita kalo si Lu meninggal. Emang kudu nonton minimal 2x sik, aku juga baru paham pas di tontonan yang kedua, wkwkwk :p

      Delete
  11. Jadi yg pas rui di gang malam" itu, rui diperkosa atau dilindungi sama pesulap itu? Dan endingnya yg megang gelas itu rui bukan dan kalo itu rui, rui dimana dan dia udh punya pasangan atau masih single? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo unknown.
      Sepenangkapan aku sik, itu Rui akhirnya dilindungi, makanya dia ngerasa kalo LDR tuh gak akan berhasil, karena si cowo ini kan gabisa ngelindungin dia kalo LDR. Nah ending yang megang gelas, itu si Rui. Itu Rui di masa sekarang (kan ceritanya tentang masa lampau). Nah kalo pasangan kurang tau soalnya ga diceritain di film, yang jelas si Zhi yang udah punya pasangan..

      Delete
    2. Bao zhi itu menikah dengan Xin Yi (temennya xin rui, yg diambil celana olah raganya) kalau untuk rui nggak diceritakan punya pasangan atau nggak, yg jelas kucingnya masih hidup dipangil xiao lu (lu kecil)

      Delete
  12. Nonton 3x baru ngerti nih film makasih dah berbagi sinopsisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Zona Bucin,

      Sama-sama, terima kasih juga sudah bersedia membaca..

      Delete
  13. Min saya masih gak ngerti cerita apa dibalik rui di gang malam" itu, apakah rui tidak sekedar dirampok tetapi diperkosa juga, lalu setelah kejadian itu rui menelpon lu untuk menemuinya lalu mereka beradu argument yang suaranya disensor, tu kira" debatin apa ya ? Bisa dijelaskann gak min?

    ReplyDelete
  14. Aku dah nonton film ini berkali2. Endingnya yg bikin nyesek. Min lu yg ada di Kaoshiung dan Xin rui ada di Taipei. Itu naik kereta biasa bisa 6 jam lebih karna jaman dulu belm ada jalur kereta cepat di Taiwan. Apalagi kalau tahun 90an?

    ReplyDelete

Best of Me