Itinerary Backpacking Asia Tenggara 15 Hari 6 Negara #aamiinn :D

Wokeeehh fellas..

Maybe ini postingan pertama gue mengenai backpacking walopun ini bukan kali pertama gue berbackpack ria get lost dari kehampaan dan kegalauan akan pasangan hidup gue #apasik. Oke intinya, perjalanan backpack-backpack gue sebelumnya tadinya kan pen gue tulis, tapi entah kenapa malah males pake beut jadilah yaa begitu, wkwk #apalagideh #tambahrandom #maafkeuunn

Oke, actually gue mau say kalo INI UDA H- SEMINGGU DAN ITEN GUE MASIH BELOM FIX COOY #lupakan. Oke #again, yang mau gue ceritain disini adalah versi ringkasnya ajah karena sumpee lo demi apapun kalo lo tau versi aslinya, lo hanya akan bisa geleng-geleng kepala gajelas melihat ke ababilan gue dalam menentukan iten, wkwk #alay

First, gue nemu tiket promo AA #apalagiapalagi buat pp JKT-KL yang bikin nyesek karena ketergesa-gesaan gue mesen tiket. Ini gue ceritain lain waktu deh. Gue pesen tiket buat 12-27 Januari 2016 ini dengan total 365rebay rupiah. Nah abis itu, berhubung rencananya seminggu pertama gue berangkat sama para Alayers gajelas dan mereka pengen nekat ke Bangkok, jadilah selama 4 hari kedepan kita akan bersama dan akan berpisah di sisa perjalanan kita #syediihhhh T.T. Mereka balik ke KL dan gue melanjutkan acara bergembel ria gajelas ini ke Kamboja dan Vietnam.

Nah, beberapa hari kemudian, setelah iten gue jadi, olala gue ngeliat kalo Luang Prabang sabi buat dikunjungin. Yasyudlah, gue akhirnya merubah iten lagi dengan nambahin Luang Prabang. Perubahan iten ini gak maen-maen karena biaya transportasi dan biaya-biaya lain di Vietnam sama Luang Prabang itu pas gue cek mahaaaalll. Akhirnya setelah muter-muterin om google kesana kemari, gue nemu rute yang paling pas menurut kata hati dan kata kantong gue.

Ehh beberapa hari kemudian #lagi, gue baca-baca, kok yaa ke Yangoon sabi juga yak. Akhirnya karena kekhilafan nafsu backpacking gue yang menggebu-gebu minta diturutin, gue tambahkanlah myanmar juga. Hal ini diperkuat karena gue nemu tiket murah buat Yangoon-KL cuma 390ribuan dimana harga normalnya 800rebuan. Oke fix kaaannn jadinya.

Ehh tanpa dinyana, pas gue budgeting, kok mahal yaaww jadinya, wkwkw. Total abis 4 jutaan #oemjeeh. Dengan kurs Rupiah terhadap Dollar yang makin amit-amit ditambah gue yang hanyalah pengangguran gajelas, itu mahaaalll binggo mameeenn. Terus akhirnya myanmar gue masih random antara gue bakal balik jalan darat lagi aja via Bangkok dan ke Myanmar cuma dengan visa-run ato bakal tetep nekat ke Yangoon. Selain itu, kerandoman lain gue adalah, jalur Yangoon-Myawaddy ato Mawlamyine-Myawaddy yang masih one-way ala-ala dipuncak gitu perharinya yang bikin bingung. Jadi sehari ke arah Yangoon/Mawlamyine, sehari ke arah Myawaddy. Kan kalo dateng dihari yang salah gue gabakal keburu nguber penerbangannya dan malah jadi boros budget gitu #inmymind. Jadi kek maksa gitu deh. Yaa pokoknya gitulah, haha, walopun kemaren pas gue baca-baca lagi, terhitung sejak Maret 2015 *kalo gasalah*, Myawaddy-Yangoon dan Myawaddy-Mawlamyine uda bisa buat 2 arah #alhamdulillah yaahh~

Gue bahkan sempet saking desperatenya gada dana, gue bakal ngebatalin perjalanan ke Luang Prabang juga. Bukan apa-apa, mahaaalll pake banget meenn Laos ituu, Kamboja ama Vietnam juga sik, soalnya patokannya dollar #kampretsialanitu. Gue itung-itungan, kalo gue stay di Thai aja, budget 2 juta cukup buat 15 hari. 1.5 juta rupiah pun bahkan masih cukup menurut perhitungan gue, kalo mau digembel-gembelin mah, buat 15 hari. Lha wong gue nemu penginapan di Bangkok cuma 13rebu perak per malem. Kan mumer beuutt, wkwkwk. Yaa pokoknya gitulah, haha. Tapi akhirnya, setelah semedi kanan-kiri, googling ke berbagai web, banyak-banyak berdoa ke Allah, gue memutuskan iten gue, sampe detik ini postingan dibuat, seperti dibawah ini. Yaa semoga kalo ada yang mau niru-niru ato nyontoh-nyontoh kegembelan, kekhilafan serta kenistaan gue dalam berbackpack ria, yaa bisa dipake lah yaakk, hahaha :p


Eiya, ini gue urutin pertanggal yak, hoho..

12 Jan: Fly dari CGK-KL, random muter KL, malem cabs Hat Yai naik bus.

13 Jan: Pagi sampe Hat Yai, random keliling Hat Yai, sore/malem go to Bangkok naik kereta (3rd class pastinyaahh, hahah).

14 Jan: Pagi sampe Bangkok langsung jalan-jalan (gada yang mau ke penginapan dulu masa -_-), muter-muter Bangkok ampe mabok, malem balik penginapan, tidoooorrr.

15 Jan: Pagi jalan-jalan gajelas. Alayers stay sehari lagi di Bangkok, gue siang naek kereta ke border Thailand-Kamboja, Aranyapratet. Sampe disana sore sekitar maghrib. Cross border terus lanjut ke Phnom Penh ato Siem Reap.

(Note, disini awalnya gue mau ke Siem Reap dulu baru Phnom Penh kan, dengan asumsi pas gue balik dari Phnom Penh langsung naik bus yang ke Poipet, jadi gaperlu ke Siem Reap lagi sehingga lebih murah. Tak dinyana pas gue cek jadwal bus, ehh ada bus malem gitu dari Poipet ke Phnom Penh, jadi nyampe Phnom Penh pagi. Malah bisa ngirit penginapan, dari yang tadinya 3 malam jadi 2 malam. Yasudlah~)

16 Jan: Pagi sampe Phnom Penh, keliling-keliling random, sore cabs Ho Chi Minh City (HCMC) aka Saigon. Malem sampe, langsung tepar di penginapan (kalo sempet sik mau jalan-jalan bentar sekalian, wkwk).

17 Jan: Pagi muter-muter HCMC ampe mabok, lalalayeyeye, sore balik ke Phnom Penh (Kenapa ke Phnom Penh lagi? Karena kalo mau ke Siem Reap emang harus lewat Phnom Penh dulu, hoho. Kenapa gak langsung aja? Karena bus yang langsung harganya lebih mahal dan itupun menurut review tetap harus tuker bus dulu di Phnom Penh. Kesimpulannya, ambil yang murah aka pesan beda bus dengan harga termurah, hoho) Malem sampe Phnom Penh, langsung lanjut ke Siem Reap.

18 Jan: Pagi sampe Siem Reap, naro tas di hostel terus jelong-jelong gajelas ampe mabok lah seharian. Malem tepaaarr di penginapan, hoho.

19: Pagi subuh ke Poipet, nyebrang border ke Aranyapratet terus lanjut naik kereta yang pagi ke Bangkok. Sampe Bangkok langsung booking tiket buat ntar malem ke Vientiane, Laos. Malem go to Laos naek kereta ke Udon Thani.

(Note, disini awalnya gue mau pake jalur biasa, ke Laos naek kereta sampe Nong Khai terus lanjut ke Thanaleng naek extended train gitu terus lanjut ke Vientiane naik tuk-tuk. Ehh ternyata kereta 3rd class gue ga match jadwalnya ama extended kereta yang ke Thanaleng. Sempet mau pake kereta yang 2nd class kan, ehh googling-googling, kalo gapake extended train gitu bisa jalan kaki ampe border Nong Khai *daripada naik tuk-tuk mahal padahal deket #sayangduit* terus naik bis yang harganya selisih 10B doang ke border Laos *lupa namanya* terus sambung tuk-tuk dari situ dengan harga yang sama dengan tuk-tuk dari Thanaleng *menurut info gitu*. Ehh ternyata kemaren gue iseng baca, kalo naek kereta ke Udon Thani terus sambung bus ke Vientiane, ongkosnya ternyata jauh lebih murah. Bisa ngirit hampir 100B. Lebih gampang pulak. Yasudlah, gue pun akhirnya masuk Laos naik kereta yang ke Udon Thani terus sambung bus ke Vientiane, rencananya)

20 Jan: Pagi sampe Udon Thani langsung sambung bus ke Vientiane. Sampe Vientiane jalan-jalan gajelas, malem go to Luang Prabang.

21 Jan: Pagi sampe Luang Prabang, keliling-keling gajelas, malem cabs ke Houai Xai.

22 Jan: Pagi sampe Houai Xai lanjut nyebrang ke Chiang Khoong. Dari Chiang Khoong lanjut ke Chiang Rai terus Chiang Mai. Dari Chiang Mai cabs lagi ke border Thailand-Myanmar, Mae Sot-Myawaddy.

(Note, disini gue juga bingung, mo lanjut overnight dimana, antara Chiang Rai, Chiang Mai atau Mae Sot. Intinya adalah, gue pagi uda harus ada di Mae Sot buat nyebrang ke Myawaddy. Fyi, Chiang Mai-Mae Sot itu 6 jam perjalanan bus sedangkan Chiang Rai-Chiang Mai 3 jam perjalanan *kalo gasalah, lupa nyatet sik gue -_-* dan Houai Xai-Chiang Khoong itu kalo gasalah 3 jam perjalanan juga. Tapi kemungkinan besar sik nginep di Chiang Mai, tapi masi gatau juga, berhubung info transport, penginapan lalalayeyeye-nya gue masih random banget -_-. Tapi intinya gue pasti nginep buat ngerenggangin badan dan tidoooorr pules #balesdendamtidur)

23 Jan: Pagi di Mae Sot terus border crossing ke Myawaddy terus langsung cabs ke Mawlamyine aka Moulmein. Nah dari Mawlamyine ini gue ngincer naik kereta ampe Yangoon. Kenapa gak langsung bus aja dari Myawaddy? Karena menurut gue sik Mawlamyine lebih asik aja dari Myawaddy buat killing time keliling-keliling gajelas *berdasarkan hasil gue googling dan menurut keputusan gue yaakk*.

24 Jan: Pagi sampe Yangoon, keliling-keling gitulah sampe malem. Nah malem ke bandara buat tidur di bandara soalnya penerbangan besok paginya ke Malaysia itu jam 6 pagi.

27 Jan: Fly to KL, sampe KL jam 11. Masih ada waktu buat prepare penerbangan selanjutnya ke Indonesia dihari yang sama.

Disini kenapa tanggal 25 dan 26 kosong? Karena gue juga bingung buat memutuskan menambah hari buat nginep dimana, wkwk. Mungkin bisa di HCMC ato Phnom Penh (terutama Phnom Penh sik yang kurang banget waktu jalan-jalannya, karena kan awalnya emang ada rencana nginep di Phnom Penh. Tapi bisa juga sik di HCMC nambah sehari berhubung rencananya di HCMC emang spare 2 hari, city sightseeing sama tur ke Cao Dai Temple + Chu Chi Tunnel *mahaaall beut tapinyaahh*). Ato bisa juga spare time nginep di Luang Prabang berhubung itu bagus beut gitu katanya kawasannya, tenaaang *tapi nginep disana mahaall jugaa*. Atau mungkin bisa juga spare sehari lagi di Yangoon menikmati kota Yangoon dengan santai *tapi samaa, penginapannya out of budget, wkwk*.

Yaa begitulah, masih gajelas juga sik ampe sekarang mah sebenernya, wkwkwk :p. Tiket Yangoon-KL aja ampe detik ini postingan gue publish belom gue pesen, wkwk. Jadi absolutely iten diatas masih random juga *mesennya syusyah beut boo, bener-bener eksklusif tiket -______-*

Doakan sajalah yaakk semoga minggu depan eikeh beneran jadi berangkat dan dimudahkan segalanya sama Allah, aamiinn :D

Udah, segitu aja sik rencana perjalanan aka iten gue yang absolutely masih random gajelas-jelas juga dan rada maksa, wkwkwk. Abis gue kan tipe-tipe touch and go gituh, dateng, ngerasain atmosphere sama perbedaan budayanya, terus yaudah cabut ajah, hahaha, gak peduli-peduli amat ama tempat wisatanya #sepiiikkkk #bilanggapunyaduit :p

Gataulah ahh. Pusiang akika mikirin iten yang gajelas-jelas. Liat nanti ajalah gimana-gimananya, wkwk >.<

You Might Also Like

10 komentar

  1. kira kira kalo mau kesana lagi, boleh join ga? hahahaha

    ReplyDelete
  2. Haloo Retnoo :)

    Maafkan ku yang baru balas, huhu. Lagi jarang buka blog nih, hikz #maaf. Boleehh bangett kok kalau mau join, hehe. Keep uupdate aja yaa sama blog ini. Nanti insyaaAllah bekabar kok kalau mau pergi-pergi lagi, hehe :D

    ReplyDelete
  3. Hallo bisa share budget listnya gak kak? terimakasih.

    ReplyDelete
  4. Halo Avi :)

    Mengenai budget list, yang jelas aku bawa sejuta doang exclude tiket pesawat, karena tiket pesawatnya kan uda dibeli di awal. Itu sejuta buat 2 minggu. Tapi itu juga kan karena aku dapet banyak bantuan dari temen-temen, misal selama seminggu di Malaysia ku nginep di apartemen temenku, pas di Thai hari kedua ku nginep di stasiun dll. Tapi jujur kebanting karena ku banyak makan dan belanja, haha *kere-kere tapi belanja tetep wajib* :p

    Untuk lebih jelasnya, nanti coba ku list deh budgetnya biar lebih rinci. Semoga aja ku jadi lebih rajin ngeblog yaa, hehe.

    ReplyDelete
  5. hallo... so jadi jalan gak? share donk.

    ReplyDelete
  6. Halo Gunadi :)

    Soo, jalannya jadii, tapi nggak keliling Asia Tenggara jatohnyaa, cuma sampai Thailand doang karena terkendala dana, wakaka.

    Nantikan ceritanya yaaww, mau ngepost lupa-lupa mele soalnya, hehe #maafkeun :D

    ReplyDelete
  7. Eh..cakep ih liburannya.
    Aku juga punya rencana mau melalak cantik menjelajah negara-negara Asia Tenggara.
    Kapan kemana lagi?

    ReplyDelete
  8. Halo Ririn :)

    Kapan kemana lagi? Ku tak tahuu, hahaha. I don't have plan yet about traveling for this year. Palingan jalan-jalan geje ke sekitar macem Bogor, Tangerang, Banten, Jabar ato manalah, haha. Untuk Asia Tenggara masih nabung dulu nunggu ongkos, wkwkwk :p

    Mau ikutan? Yuks :)

    ReplyDelete
  9. Kalo jalan lg keliling asia tenggara ajak2 aku kaka keceh.. Mgkn bisa balancing sm keababilan nya.. Haha
    Ada wa ga say? Ini wa aq 089687628332
    Seneng pny tmn backpacker yg mau "ngegembel" dan ga ngeluh haha

    ReplyDelete
  10. Hai kak Anita :)

    Maafkan baru kubalas, hiks. Jalan lagi? Kuy aja saya mah, wkwkwk. Tapi entah kapannya saya gatau. WA adaa, hehe. Nanti ku japri aja yaahh :)

    ReplyDelete

Best of Me