Kelas Belanja, Saatnya Melanglang Buana

Well, gue sepertinya sedang produktif sekalee hari ini, hoho *padahal cabut kelas Ibrani gegara ketiduran di mosholla* -_-. So guijs, kali ini gue mo ngejelasin masalah Kelas Belanja yang ada di UI, khususnya di FIB UI, berhubung gue sendiri pada akhirnya mengambil kelas Bahasa Ibrani Dasar. Yeah, gue gatau sik di tempat lain ini kelas belanja ada atau gak. Jadii, gue bakal curcol-curcol gitu deh. Kali aja ini curcolan random tetiba menemukan pemilikya sehingga berguna bagi nusa bangsa tanah air tercinta Indonesia Raya ini #cukup #alaybet.

Oke gan langsung ajah. Kelas Belanja ini adalah kelas dimana lo ngambil mata kuliah tambahan diluar dari mata kuliah wajib dari jurusan lo. Alasan buat belanja ini ada 2 sebenernya, kalo menurut gue dan secara keseluruhan.


1. Jumlah sks wajib lo kurang dari 144 sks *sebagai syarat wajib kelulusan S1*sehingga lo harus kudu wajib buat ambil mata kuliah lain selain mata kuliah wajib lo di jurusan
2. Lo pengen nambah wawasan atau ilmu baru sehingga lo ngambil kelas belanja ini.

Untuk kasus gue di FIB terutama di sastra Belanda, jelas itu yang pertama. Mata kuliah wajib di jurusan gue itu sekitar 123 sks soo, masih kurang 21 sks lagi buat memenuhi syarat 144 sks. Kemudian, gue akan membahas ragam jenis kelas Belanja.

Secara ringkas, gue ngelompokin kelas belanja itu yang sefakultas dan yang lintas fakultas aka linfak *kita lebih sering nyebutnya linfak soalnya*. Buat yang sefakultas, kita 'berbelanja' di mata kuliah-mata kuliah yang dibuka oleh berbagai jurusan yang ada di FIB. Contoh Jurusan Arab buka Persia Dasar, Turki Dasar, Ibrani Dasar. Jurusan Prancis buka Spanyol Dasar, Italia Dasar dan Portugis Dasar. Nah buat yang jurusan bahasa, gak selalu bahasa sik. Jurusan Inggris contohnya, mereka buka mata kuliah Perfilman Hollywood terus ada juga Bahasa Inggris Akademik. Jurusan Jepang buka Sejarah Jepang Kontemporer serta Sejarah Diplomasi Jepang selain mereka juga buka kelas Bahasa Jepang Dasar. Untuk yang non-sastra macem Sejarah, mereka buka kelas seperti Sejarah Dunia terus apalagi gitu *gue lupa*. Ada juga Filsafat Agama, Filsafat Islam serta Hermeneutika yang dibuka oleh prodi Filsafat. Kalo prodi Perpus ada Literasi Informasi contohnya. Arkeo misalnya Konservasi Situs-Situs *well gue lupa tapi tentang konservasi situs intinya*. Terus ada juga Museologi. Banyak bet mata kuliah-mata kuliah belanja yang bisa diambil di FIB. Buat yang jurusannya gak kesebut, mungkin bisa nambahin. Gue juga ini yang se-kepikiran gue aja soalnya.

Nah kalo buat yang linfak, itu berarti kita ngambil mata kuliah di fakultas lain. Misal fakultas Psikologi buka mata kuliah Psikologi Sosial, Psikologi Media serta Psikologi Keluarga *yang psikologi keluarga gue rada lupa juga*. Fakultas MIPA juga biasanya buka tentang pengukuran geografi gitu sama ada yang matkul biologi *gue lupa nama matkulnay apaan*. Kalo teknik itu setau gue yang pernah buka itu tentang arsitektur apa gitu, gue juga lupa. Begitupun fakultas-fakultas yang laen macem FKM, FIK, FH, Fasilkom dsb. Biasanya mereka buka kelas dan itu bakalan keluar di siak kita, jadi tinggal kita 'klik doang matkul yang mau kita pilih'

Gitu sik sederhanayan mengenai kelas belanja ini. However, di kelas belanja ini, bagi yang merasa salah jurusan, mungkin dengan adanya kebijakan ini, kalian bisa belajar di jurusan atau ilmu yang emang kalian pengenin banget. Lumayanlah yaa, sks penuh, ilmu yang diincer dapet, hatipun senang, ahaha :D

You Might Also Like

0 komentar

Best of Me