Dilan 1990: Jangan Rindu. Berat. Kamu Gak Akan Kuat. Biar Aku Aja

Haihaaii, pasti udah pada taulah yaa film yang super duper booming beberapa waktu lalu ini. Yapp, apalagi coba kalo bukan 

Dilan 1990.



Film ini diadaptasi dari novel laris manis karya Pidi Baiq yang berjudul sama, Dilan 1990. Well, ini novelpun pada awalnya booming parah pake banget dan akhirnya menarik hati Falcon Picture dan Maxima Picture untuk memvisualisasikannya dalam bentuk film.

Fyi, gue gak akan bahas panjang lebar mengenai filmnya karenaaa, pasti udah pada nonton jugalah yaakk, wkwkwkkw. Soo, kali ini gue mau bahas tentang apa yang gue rasakan (plus review pastinya) after me watching this movie #tsadeeezzz

Jadi gaez, seriously, GUE BAPEEERRR PARAAHH abis nonton film ini, wkwkwkkwkw. Engga sik, sebenernya gak yang parah sampe gimanaa gitu. Belom separah yang gue nonton Good Morning Call atau film-film pembuat baper lainnya. Tapi apa yak? Kesan pertama memang selalu menggoda, wkwwkwk. Jadi karena saking boomingnya dialog-dialog ringan tapi romantis plus ngebaperin yang ada di film ini, gue uda sering baca dialog dialog tersebut yang banyak betebaran, baik di dunia maya maupun di dunia sosmed bahkan sampe chat macem WA. Dan gak dipungkiri, gue pun ikut-ikutan make dialog-dialognya meskipun saat itu gue belom nonton ini film. Walhasil, selama nonton, gue akhirnya menunggu-nunggu dengan amat sabar 'kapan ini dialog diucapkan sama Dilan dan Milea'. Weird banget kan gueehh? Wakakakka. Anehnya muncul, hahaha

Well, buat gue film ini beda sama film Indonesia kebanyakan yang acting pemainnya keliatan banget 'actingnya'. I mean, buat gue, acting yang bagus itu yaa yang natural aja gitu, bukan kek yang berlebihan gimanalah. Disini, gue proud banget sama actingnya Iqbal Ramadhan karena berhasil memvisualisasikan Dilan dengan amat sangat apik. Entah kenapa, gue yang tadinya gapernah ngefans ama ini orang pada akhirnya berakhir dengan gue jadi fans garis kerasnya doi! Ohmaigad meeenn, I am really crushing you Baall (pelukpelukpeluk). Well, buat actingnya Vanesha Prescilla aka Milea, well so far menurut gue B aja, hehehe. Gatau kenapa yaa, tapi yaa emang biasa aja. Lumayanlaahh, not that bad for me (maybe karena gue cewek? eh? hehehe). Buat acting pemeran yang lain juga lumayanlaahh. Gue mager nyebutinnya tapi silahkan ditonton aja buat yang belom nonton filmnya dan nilai sendiri bagaimanaa acting pemainnya, hoho.

Buat cerita, ceritanya akhirnya emang agak ngambang yak, disesuain sama novelnya juga yang tahun 1990 itu emang belum selesai dan berlanjut di Dilan 1991. Well, tbh gue pun belum pernah baca novelnya meskipun itu novel ada di rumah gue entah gimana ceritanya (adek gue yang bawa kalo gasalah). Jadii, gue gabisa ngebandingin antara versi film dan novel. Tapii menurut gue, filmnya keren kok dan menurut beberapa review yang udah gue baca juga hampir semua adegan yang ada di novelnya juga turut serta ada di filmnya. Biasanya kan film yang berasal dari adaptasi novel jatohnya "kurang greget" karena lebih greget baca novelnya, menurut gue. Tapi yaa karena gue juga belom baca, gue no comment deh, hahaha (nanti deh yaa gue review ulang kalo udah baca novelnya). Gue pribadi pun kalau ditanya apakah mau nonton film lanjutannya, well tbh gue gak sabar buat nonton lanjutannya kalo nanti udah dirilis, hohoho.

Soo, yang paling gue notice adalah, bahasa yang dipake sama karakter Dilan di sepanjang film.
Ringan, cuek tapi romantis! Dilan BANGET! Hahahahaha. Well, sebagai manusia dengan usia 23 tahun, gue yang ngedengernya pun jadi ikutan baper dan pada akhirnya ikutan bergombal-gombal ria bersama teman-teman dengan bahasa-bahasa ala Dilan ini. Well, seperti yang gue jelasin sebelumnya, Dilan itu sosok unik bin nyeleneh yang mampu menjadi dirinya sendiri meskipun dia lagi 'ngejer' Milea. I mean, dia polos tanpa kepalsuan meenn! Dialog-dialog yang keluar dari diri Dilan itu bener-bener ngegambarin karakter Dilan banget. Sedangkan Milea? Dia yang tadinya anak pemalu pada akhirnya karakternya berkembang menjadi seperti Dilan, jadi agak-agak gombal gitu. Mungkin karena sering berhubungan sama Dilan makanya akhirnya karakternya berubah menjadi 'mirip' Dilan. Gue suka sik disini karena pada akhirnya ada pengembangan karakter (sumpah ini lagi ngomongin dialog romantis kenapa berubah jadi pengembangan karakter, wkwkkwkw). Tapi yaudalahyaa, orang gue lagi curhat #apaansik #sukasukamemberajah hahahha. Yaa pokonya, gomalan-gombalan Dilan di film ini seakan mengingatkan gue akan masa SMA gue yang juga penuh dengan kegombalan hidup HQQ. Entah gue harus menangis, tertawa atau tersenyum memngingatnya karena 'rasa' yang pernah ada itu tetep ada, selalu ada, dan gak akan pernah hilang juga, hehehe.


Udah sik, gitu aja keknya. Sumpah random banget gue nulisnya tapi gimana lagi, terlalu banyak yang gue pengen utarain sampe gue bingung gimana nulisnya dan gak terstruktur banget gitu jadinya, hupft..

Tapi yaudalahyaa! See you on my next post, hohoho. Cheers :)

Psstt, kalau ditanya apa dialog yang paling gue suka? Definitely gue bakal jawab ketika Dilan ngomong ke Milea

"Jangan rindu. Berat. Kamu gak akan kuat. Biar aku saja" -Dilan to Milea

You Might Also Like

0 komentar

Best of Me