STUPA Ohh Stupaaa..

Yak, kali ini gue mau bahas salah satu matkul utama di jurusan Arsitektur Unindra alias Universitas Indraprasta PGRI, yaitu STUPA..


What? Stupa? Stupa Borobudur maksud lo Mber? WKWKWK//


No no no, no way laahh.. Stupa yang gue maksud kali ini adalah Studio Perancangan Arsitektur alias mata kuliah utama di jurusan arsitektur!


So, what this study about? Let's check it out..


Stupa adalah matkul utama tentang perancangan di jurusan arsitektur di hampir semua kampus. Cuma ya well, mungkin namanya beda-beda dan peraturannya beda-beda. Yaa mirip-mirip kek BBT lah kalo di Bahasa Belanda. Nah kalo BBT itu dari BBT 1-6 dan dimulainya dari semester 1-6 juga, kalo si Stupa ini juga sama, ada Stupa 1-6 tapi dia mulainya dari semester 2-7. Yups, matkul Stupa ini berjenjang juga guys dan kalo ga lulus yaa bakalan ngulang di tahun berikutnya..


Gue agak lupa yaa tentang pelajaran di Stupa 1-6 ini karena uda lama banget ya bookk.. Cuma yang gue inget dulu Stupa 1 itu bangunan rumah tinggal, Stupa 2 bangunan kek hotel ato motel gitu cuma dia maksimal 4 lantai. Stupa 3 itu bangunan gue lupa, kalo gasalah kawasan sederhana kek sekolah gitulah, Stupa 4 itu bangunan bentang lebar kek stadion gitu, Stupa 5 kalo gasalah bangunan pencakar langit, terus Stupa 6 itu mixed-use.

Nah yang tadi gue sebutin itu pas gue masuk Unindra di tahun 2013. Nah berhubung gue mengundurkan diri dan baru masuk lagi di 2022, ternyata ada perubahan-perubahan baru di perkuliahan Stupa ini. Sepanjang yang gue tau, perancangan Stupa yang sekarang itu Stupa 1 bangunan rumah tinggal, Stupa 2 bangunan kawasan kek resort gitu, Stupa 3 bangunan bertingkat (?) keknya gatau tapi keknya sik bangunan tingkat tinggi nyesuain sama matkul SK nya, Stupa 4 itu bangunan bentang lebar, bisa pilih bidang olahraga (stadion atau gor) atau bidang seni (bioskop, teater, studio, gedung pertunjukan, dll). Nah buat Stupa 5 itu bangunan mixed-use, dan Stupa 6 itu bangunan transportasi (stasiun, terminal, bandara, sama pelabuhan). Cuma Stupa 6 sekarang (pas gue ambil 2022 kaga lulus, jadi 2023 gue ambil lagi itu dia Stupa 6 nya uda disamain ama seminar, jadi ada perubahan kurikulum lagi gitulah) uda disamain ama judul seminar yang diambil, jadi biar sinkron katanya antara Stupa 6 sama seminar, biar ga kerja 2x juga katanya..


Jadi yaa begitulah.. Terus, belajar apa aja di Stupa ini? Kita belajar ANALISIS!

Iyaa, gasalah denger, bukan belajar gambar, tapi belajar ANALISIS.


Kita kudu nganalisis penggunanya siapa, pengennya dia apa, kebutuhan ruangnya apa aja, terus mau pake desain arsitektur kekmana, pendekatan desainnya gimana, terus hubungan antar ruangnya gimana, furniturenya mau apa aja, ukuran ruang yang dibutuhkan berapa, strukturnya mau pake apa aja, penempatan balok sama kolom dimana, penempatan pintu jendela kumaha, sirkulasi udara bakal gimana, materialnya mau pake apa aja dll dll banyak banget euy ceunah lieur eta teh mah, WKWKWK


Yaa intinya, yang dipelajarin paling utama adalah analisis, nah abis dianalisis baru deh dikonsepin. Abis dikonsepin, baru deh di desain bangunannya sesuai dengan hasil analisa dan konsep yang sudah disepakati. Jadi intinya pura-puranya dosennya itu klien kita dan kita arsiteknya, gitulah kurang lebih.


Jadi gimana-gimana? Ada yang tertarik mau jadi arsitek kah? Atau sekedar ambil jurusan arsitektur buat coba-coba?

Ingat, jurusan ini bukan jurusan sekedar buat coba-coba, WKWKWK. Berat ceunah, kamu gakan kuat, biar aku ajah.. #alaladilan wkwkwk


Dah, gitu aja penjabaran tentang Stupa pada postingan kali ini. See you on anothe post, byebye..






You Might Also Like

0 komentar

Best of Me