Peluang Kerja Lulusan Sastra Belanda

Well, kali ini gue mo ngepost masalah peluang kerja lulusan Sastra Belanda. Yeaahh, gue tau dengan amat sangat tau kalo ini adalah topik yang amat sangat sensitif sejagat raya dunia sastra #alay. Tapi however, yaa emang ini rada sensitif sik. Pasti sebagian besar orang yang tidak terjun atau tidak mengenal dengan baik dunia sastra bakal memandang sebelah mata jurusan ini *sorry subjektif tapi faktanya emang banyak yang kek gitu*. Hal yang bikin mereka-mereka ini mandang sebelah mata salah satunya yaa masalah peluang kerja ini.

LULUS KULIAH SASTRA MO JADI APA???

Well. jadi disini gue mau menerangkan kalau lulusan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya itu bisa kerja di berbagai tempat dan bidang. Gue lupa sik tapi keknya gue pernah ngasih tau kalo di FIB itu kita gak hanya belajar mengenai masalah sastra. Kita juga belajar masalah linguistik, budaya, sejarah dan berbagai aspek lainnya. Dalam bidang ini, kita terkadang secara gak langsung belajar mengenai psikologi, sosial, politik bahkan belajar hal-hal berat ala anak IPA macem fisika, biologi, arsitektur, teknik bahkan kedokteran.

WHAT?? GIMANA CERITANYA??

Oke calm! Gue bakal jelasin satu-satu.


Belajar di Sastra Belanda, otomatis yang paling-paling utama kita pelajari adalah bahasa Belanda. Nah sebagai pembelajar bahasa, pastinya kemampuan bahasa Belanda kita meningkat dong setahap demi setahap. Seperti yang kita ketahui, BAHASA adalah JENDELA DUNIA. Well, kenapa gue bisa ngasih statement kek gitu? Karena semakin banyak kita menguasai bahasa, maka akan semakin banyak ilmu yang kita dapat, dengan catatan kita juga rajin baca yak tentunya. Cara kerjanya gimana? Jadi gini, ketika kita menguasai  suatu bahasa, maka kita akan dapat membaca serta mengerti mengenai suatu hal *gausah ampe memahami deh, cukup ngerti dulu aja*. Contoh nyatanya gini. Lo belajar ilmu sosial misalnya. Bahasa Inggris lo jago tapi bahasa Belanda lo 0. Nah temen lo bahasa Inggrisnya biasa-biasa aja tapi doi juga bisa bahasa Belanda. Lo berdua sama-sama anak yang rajin baca. Nah bisa aja si temen lo ini pengetahuan sosialnya lebih luas dari lo. Kenapa? Karena ada buku-buku sosial berbahasa Belanda yang temen lo bisa ngerti sedangkan lo gak ngerti. Kan gak semua buku sosial berbahasa Inggris. Ada yang berbahasa Belanda, Arab, Rusia, Jepang dan bahasa-bahasa yang lain. Dan gak semua buku-buku tersebut uda diterjemahkan ke bahasa Inggris. Itu point-nya. Gue pernah denger quotes yang ngegambarin penjelasan gue ini.
The limits of your language are the limits of your world (Ludwig Wittgenstein-Austrian Philosopher)

Nah lanjut ke inti, dengan kemampuan bahasa Belanda ini, kalian bisa mempelajari apa yang kalian sukai. Misal suka kedokteran, kalian bisa mempelajari ilmu-ilmu kedokteran ala Belanda. Begitupun dengan yang lainnya. Hal ini juga secara gak langsung bisa mengalirkan uang ke dompet kalian kalau kalian juga jago dalam hal penerjemahan. Masih banyak buku-buku berbahasa Belanda yang menurut gue pribadi layak untuk diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia. Sayangnya, penerjemah buku-buku berbahasa Belanda ini masih sangat terbatas. So, peluang kerja di bidang ini masih cukup menggiurkan kan? Hahai. Fyi, bayaran untuk penerjemah Belanda-Indonesia ini masih cukup gede lohh, berhubung permintaan masih lebih besar daripada penawaran >.<

Itu baru di satu aspek lohh. Gimana di aspek lainnya? Well, to be continue aja yak di part-part selanjutnya? Gue ngantuk berat soalnya, huhu >.<

Ehiyak noted, berhubung gue kemaren ngejanjiin buat posting BelajarBahasaBelanda tapi ampe sekarang belom nongol-nongol, sorry bet yaakk. Sebenernya postingan-postingan tersebut uda ada di draft tapi karena satu dan banyak hal, belom bisa gue publish sekarang-sekarang ini. Wait yaa guijs, ahaha. Enjoy your time :D

You Might Also Like

25 komentar

  1. kak bisa minta bantuan ga, ? aku mau nanya2 mengenai UI. insyaAllah nnti aku bkln ikut sbmptn. salah satu kampusnya yg aku pilih itu, UI. aku tunggu via email ya kak. di ayanaaulia948@yahoo.co.id please ya kak..............

    ReplyDelete
  2. Halo Nayah :)
    Semangat yaa masuk UI-nya. Hmm, mau nanya apa? Saya lagi jarang buka email nih, haha. Kalau mau fast response, kirim aja kontak kamu ke hanifah.amalia01@gmail.com

    Semangat ^.^

    ReplyDelete
  3. kak mau nanya nih kalo kita tidak tahu sama sekali tentang sastra belanda (bahasa maupun budayanya) apakah bsa masuk sastra belanda di UI? atau yg masuk sastra belanda di UI sebelumnya tidak mengetahui bahasa dan budaya belanda? kirim via email aja ya kak rickhosaputra17@gmail.com makasih kak >.<

    ReplyDelete
  4. Halo Rickho :)

    BISA. BISA BANGET malahan, hahaha. Dulu ku juga rabisa bahasa Belanda samsek dan gatau gimana budaya Belanda itu. Tapi akhirnya sekarang uda lebih tercerahkan nih, hehe. So, jangan takut buat masuk Sastra Belanda. Kita sama-sama mulai dari awal kok :)

    Semangat!!

    ReplyDelete
  5. Kak kalo prospek kerja lulusan sastra belanda itu kemna aja ka ?

    ReplyDelete
  6. Berhubung aku mau masuk dunia sastra, khususnya sastra belanda, cara belajar kita tuh kayak gimana ya kak ? Boleh kirim via email atau line aku kan kak, oliviaphebe0899@gmail.com/febeoliv, thank you kak ❤

    ReplyDelete
  7. Halo Reza :)

    Hmm, prospek kerja lulusan Sastra Belanda kemana aja? Banyaaaaakkkk. Karena kita bisa melebur kemana aja, wkwkwk :p

    Seriusan gak bercanda. Kita tuh bisa ke berbagai bidang. Ada yang media (koran, berita, radio, tv dll), ada yang kerja di berbagai perusahaan, mulai dari fashion sampe kuliner, bank, NGO ato LSM, wirausaha dan ada juga yang setia di jalur akademik. Banyaklah pokonya dan InsyaaAllah pasti ada kerjaan, hoho :p

    So, JANGAN TAKUT, hahaha :p

    ReplyDelete
  8. Halo Olivia :)

    Cara belajar? Cara belajar yang gimana dulu nih? Ehehe. Pertanyaannya kurang mendetail euy :p

    Kalo untuk Sastra di Sastra Belanda, semuanya di bedah sik seingetku. Mulai dari novel, puisi, prosa, drama dan hal-hal sastra-is lainnya, hehe :p

    ReplyDelete
  9. hay ka , mau tanya dong. sastra belanda di UI termasuk banyak peminatnya ga sih ka ?
    kalau di banding sam sastra jawa gimana ka ?
    kalau boleh mau dong kenalan sama kaka.
    wa aku 085743023286 :)

    ReplyDelete
  10. Hi Ayu :)

    Banyak peminatnya atau engga? Hmm, kurang tau pastinya sik, wkwk. Tapi kayaknya cukup banyak, hehe, based on yang nanya-nanya ke aku tentang Sastra Belanda *sosoan banyak yang nanya* :p

    Kalau dibanding sama Sastra Jawa? Hmm, kurang tau jugaa, mungkin hampir sama banyak peminatnya, hoho :)

    Gitu sik :)

    Mau kenalan? Boleh-boleh aja kok, hehe. Salam kenal Ayu :D

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hai Zahra :)

    Bisa kookk, bisa banget malahan. Sahabatku dulunya SMK dan dia berhasil lolos Sastra Rusia. Dia berprestasi banget malahan. Jadi Abang Depok terus sekarang lagi kuliah S2 di Italy pake beasiswa LPDP. Soo, based on jawabanku, engga ada yang engga mungkin kaann, asal mau berusaha, hehe.

    Keep on spirit yaa! SEMANGAT!

    ReplyDelete
  13. Halo kak Hanifah :). Saya mau tanya kak, bahasa inggris sy skrg gak bisa dibilang bagus banget cuma sekedar bisa aja. Terus sj mau banget ambio sastra Belanda. Tapi saya takut masalah prospek kerjanya. Saya mau tanya, prospek kerjanya itu ada dimana aja kak? Apakah ada di Indonesia atau harus keluar? Lalu di jurusan tsb apakah ada beasiswa kak?

    Boleh gak kak saya chat kakak lewat email?

    Terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Unknown :)

      Untuk masalah prospek kerja, to be honest lulusan UI pasti diterima kerja yaaa, asalkan dia pantang menyerah untuk berusaha. Jadi sebenernya no worry juga kalau emang mau masuk Sastra Belanda (atau jurusan apapun itu) karena lulusannya bisa kerja dimana aja dan bisa jadi apa aja kok. Untuk di Indonesia atau di luar, itu yaa tergantung kamunya sendiri, mau kerja dimana, ehehe. Kan itu keputusan kamu :) Dan untuk beasiswa, dari jurusan Sastra Belanda sendiri menyediakan beasiswa Zomercursus bagi mahasiswa jurusan Sastra Belanda. Itu dia kursus gratis bahasa Belanda di Erasmus Huis selama 2 tahun pertama dan kalau beruntung bisa dikirim ke Belanda di tahun ke 3 (baca deh postingan ku tentang kuliah di Sastra Belanda). Untuk beasiswa lainnya, di UI itu beasiswa banjir kok, jadi gausah khawaatir. Tinggal usaha kita aja gimana ngedapetinnya, hehe.

      Good luck yaa :D

      Delete
  14. Kak permisi mau nanya. aku lagi underpressure banget ama orangtuaku gegara mereka tuh push aku banget kuliah di ptn. Trus aku di haruskan masuk ui coz kaka ku pada masuk ui semua. Dan aku udah kelas 11 masih belum tau mau masuk apa. Jujur kalo ngikutin passion aku mau masuk sastra inggris. Tapi ortu ku ngebet masuk cina atau mandarin ): yang bahkan ku ga pernah pelajarin bahassanya )): aku ada peluang gak kak ?? Btw aku emg jago di sastra, kayak inggris arab atau jepang. Tapi aku mau menekuni bahasa inggris. Dan ortu ku mau aku di sastra selain inggris ))): what should i do ??)): aku merasa hopeless banget )):

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Kamilah :)

      Waahh, lagi pressuretime yaakk? I've ever been in that position too, huhuhu :( Btw kakak kamu jurusan apa aja di UI? Angkatan berapa? Anyway, mungkin emang harapan orang tua kamu biar anaknya masuk UI semua karena itukan demi masa depan anaknya juga. Emang sik, we never know about the future but we can prepare and create it, tho?

      Anyway, fyi aja sik yaa. Mungkin ortumu pengen kamu masuk Sastra Mandarin karena kalau Sastra Inggris, itu udah terlalu common. I mean, everyone can learn English, anywhere, anytime. Les bahasa Inggris betebaran dimana-mana, even yang gratis juga ada. Kalo mau belajar sendiri juga oke, jadi kayak yang, "yaudalahyaa, ngapain juga ambil Sastra Inggris". Mungkin aja kayak gitu, tapi aku juga gatau yaa alasannya apa. Nah lanjut, kenapa Mandarin? Karena perekonomian China emang lagi menguasai dunia saat ini. If you learn Mandarin, it's a very very very plus point for the future karena next tingkat kebutuhan orang yang bisa bahasa Mandarin pasti akan meningkat.

      Inget, peningkatan pengguna bahasa dengan segala kebutuhannya pada umumnya sejalan dengan peningkatan tingkat ekonomi serta politik negara asal dari bahasa tersebut. Cukup jelaskan yaakk penjelasanku? Eheheh

      Jadi maybe maksud ortumu, kalaupun kamau mau ambil Sastra, yaa jangan yang Inggris karena kalau Inggris, jumlah bahasa yang kamu bisa gak akan bertambah. Dengan gak ambil Sastra Inggris, at least di CV mu kamu bisa nulis bahwa kamu menguasai bahasa lain selain Inggris, gitu sik..

      Nah untuk bahasanya apa, itu terserah kamu aja. Kan kamu yang paling tau serta bisa mengukur kemampuan serta kesukaan kamu sendiri. Gituu :)

      Saranku, baiknya didiskusikan dulu dengan orang tua apa yang kamu maau, apa rencana / gambaran masa depan kamu dan cobalah buat mereka paham bahwa kamu akan bertanggung jawab dengan segala resiko yang muncul akibat keputusan yang kamu ambil. Toh pada akhirnya, yang mereka harapkan adalah kamu bertanggung jawab atas segala keputusan yang kamu ambil kan? Ehehehe

      Mengenai kesempatan, everyone have a chance to take a study in UI since they pass the selection. Soo, mulai belajar yang bener, banyakin doa, minta doa ke ortu and SEMANGAT!

      Hope this answer your 'kegalauan' #apasik, wkwkwk (abis kegalauan gada bahasa Inggrisnya, wkwkwk) :(

      Semangat yaakk :)

      Delete
  15. Halo ka hanifah :) boleh tanya tanya gak kak? Kebetulan dan Alhamdullilah tahun ini saya berhasil lolos sbmptn di sastra belanda UI dan sekarang sih lagi siapin strategi belajar nya,karena udah banyak banget saya dapet informasi soal adanya zommercursus untuk jurusan sastra belanda UI dan saya pengen banget ka bisa dapet itu,apalagi kalo bisa sampe dapet yang ke Belandanya hehehe,kalau menurut kakak strategi belajar yang bagus gimana ya kak?lalu untuk dapat kesempatan zommercursus tadi gimana ya kak?apa aja yang harus dicapai? Terimakasih ka...ditunggu jawabannya yaaa kaaa hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rafii..

      Waahh, alhamdulillah kalau lulus yaaa. Selamat, congrats! Selamat memasuki dunia per-Sastra Belanda-an, hahaha. Untuk strategi belajar, itu sebenernya balik ke masing-masing orang yaa. Tapi yang jelas, yang namanya bahasa, itu kembali ke pepatah lama, semakin sering di praktekan maka akan semakin baik. Gitu sik (silahkan dicari sendiri mekanisme yang sesuai sama diri kamu).

      Nah untuk zomercursus, kalau belum berubah persyaratannya, itu syaratnya wajib mengikuti zomercursus yang diadakan oleh Erasmus Huis Jakarta selama 2 periode (2 tahun setiap libur musim panas) dan ada nilai toefl Belanda yang harus cukup. Aku agak lupa sik namanya apa, CNAVT atau PVT gitu (konfirm ke dosennya langsung aja nanti). Persyaratan utamanya itu sik, tapi kamu coba reconfirm aja ke dosennya. Sama kalau bisa jadi mahasiswa yang aktif di kelas, biar dikenal sama dosen. Tapi gausah sampe yang gimana gitu juga yaakk, senormalnya aja.

      Gitu kalau menurutkuu. Semoga membantu menjawab yaa.. SEMANGAT MENGEJAR ZOMERCURSUS!

      Delete
    2. Terimakasih ka ka hanifah,semogaa tersampaikan impian ku dan impian kakak jugaa

      Kebtulan aku dapat meunir munif hasan nih ka sebagai Pembimbing Akademik,mudah mudahan lancar ya kak perkuliahan di per-sastra belandaan hahaha

      Terimakasih ka

      Oiya ka,boleh minta gmail nyaa gak nih? Atau bertukar id line,amat sangat senang menjadi bagian dari IKSEDA UI

      Delete
    3. Aamiinn, semoga lolos Zomcur ke Belandanya yaaakk, aamiinn :)

      Waahh, dapet Meneer Munif yaa? Salam ke beliau. Meneer terkalem selain Meneer Achmad, heuheu. Beliau spesialisasinya di Linguistik, seru dan baik banget deh sama beliau. Have fun yaaakk..

      Gmail ku ada di form "contact" yaa, kamu isi aja, nanti pasti aku bales di gmail, hehe. (demi alasan keamanan gak aku publish disini). Ditunggu emailnya yaa. Alvast bedankt en altijd succes!

      Delete
  16. rara04:47

    halo kakk mau tanya. selama tugas sampai skripsi, kita nanti pakai bahasa belanda atau indonesia ya? oiya aku bukan tipikal anak yang suka baca buku atau betah baca buku, kira kira cocok ga ya? terimakasih kak.. mohon doanya semoga sbm ini aku lolos sastra UI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Rara :)

      Untuk tugas tergantung matkulnya yaa. Untuk matkul bahasa, udah pasti pake bahasa Belanda. Untuk matkul yang tipenya kayak sejarah, itu pakai bahasa Indonesia. Kalau tipe linguistik, itu 50 : 50, jadi teori bahasa Indonesia, contoh dll nya pake bahasa Belanda. Kalau matkul tipe sastra, kebanyakan pakai bahasa Belanda, karena kita membaca novel, cerita, script dll. Begitulah. Kalau masalah membaca, jelas banyak yaa bacaannya, bahkan ada sesi boekenlees yaitu baca terus ngereview novel buat tambahan nilai di akhir semester, heuheu. Semoga sukses yaa anyway sbmnya! Semangats!

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. hallo ka aku mau tanya kaka waktu itu masuk lewat jalur apa?? trus nilai kaka waktu itu berapa? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete

Best of Me